Punya pertanyaan seputar kanker ?

Bergabung dengan forum kami

MENU

Home > Panduan Nutrisi >

Tanggap Corona Virus Bagi Penderita Cancer

Tanggap Corona Virus Bagi Penderita Cancer

Artikel Oleh: Dr. Isman

Seiring dengan penyebaran virus corona di Indonesia yang terus bertambah, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan. Dari mulai belajar di rumah, bekerja di rumah, hingga menerapkan social distancing yang kini berubah jadi physical distancing.

Terkait dengan korban yang terinfeksi, ada beberapa kelompok yang lebih rentan terkena penyakit menular ini, yakni lansia di atas usia 50 tahun dan orang yang memiliki riwayat penyakit. Beberapa catatan medis tertentu ternyata berisiko lebih tinggi terinfeksi virus corona, salah satunya adalah kanker. Namun, apabila Anda tidak termasuk dalam dua kategori ini jangan lengah karena infeksi virus bisa saja menulari orang yang imunnya sedang turun.

Penelitian terbaru menemukan pasien kanker lebih berisiko terinfeksi Covid-19. Alasannya karena para pasien kanker rutin berkunjung ke rumah sakit untuk menjalani perawatan rutin. Selain itu, pengobatan kanker juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh pasien. 

Menurut Cancer Research UK, penderita kanker termasuk ke dalam orang yang berisiko tinggi terkena komplikasi. Beberapa jenis kanker juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, misalnya leukemia atau limkoma. Dengan kondisi imun yang rendah, maka risiko terkena infeksi virus akan meningkat.

Di tengah pandemi global ini, pasien kanker yang melakukan pengobatan rutin ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik sangat dianjurkan untuk mengetahui prosedur pemisahan jalur antara pasien suspect Covid-19 dengan pasien non-Covid 19 karena sebagian rumah sakit sudah memberlakukan prosedur ini.

Jangan lupa untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan. Upaya yang dapat dilakukan penderita kanker, sesuai anjuran dari ilmuwan klinis di National Cancer Centre Singapore, Dr. Melvin Chua, adalah dengan menjaga kebersihan diri dan menjalankan langkah pengobatan yang aman.

 Pasien kanker perlu menjaga pola makan sehat. Makanan yang dianjurkan, di antaranya berbagai jenis sayur, buah-buahan, ikan, dan makanan yang mengandung protein lainnya. Hindari makanan cepat saji, makanan olahan, makanan dengan kadar gula yang tinggi, dan gorengan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

 Pasien kanker juga perlu untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari infeksi virus. Lakukan olahraga ringan atau aktivitas fisik lainnya dan jaga agar berat badan tetap ideal.

 Selain itu, hindari stres dengan cara meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau saudara melalui video call atau chatting, usahakan untuk tidak menyinggung corona. Hilangkan kepanikan terhadap Covid-19 dengan cara membatasi terlalu banyak membaca informasi. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan stres.

 Penting untuk diingat oleh pasien kanker di tengah wabah Covid-19 agar menerapkan pola hidup sehat dan melakukan beberapa tindakan pencegahan yang telah dianjurkan. Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah risiko terkena coronavirus di rumah sakit atau klinik lebih kecil apabila dibandingkan dengan kemungkinan kanker memburuk ketika pengobatan ditunda. Oleh karena itu, pasien kanker sangat disarankan untuk tetap menjalani pengobatan rutin.

 Namun, apabila mengalami gejala demam setelah melakukan pengobatan, Anda bisa memeriksakan diri atau dapat berkonsultasi dengan memanfaatkan fitur Livechat 24 jam dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

 KlikDokter juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menekan penyebaran virus corona. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meluncurkan layanan telemedicine cek coronavirus online lewat tautan ini.

 LINK fitur live chat24

 

Referensi:

https://www.suara.com/health/2020/03/17/143423/berisiko-tinggi-pakar-beri-saran-pasien-kanker-agar-terhindar-dari-corona

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/26/173200123/studi-temukan-pasien-kanker-lebih-rentan-terinfeksi-corona

https://kumparan.com/absal-bachtiar/studi-penderita-kanker-menjadi-orang-paling-berisiko-terkena-coronavirus-1t6dWygUcWs

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4429493/5-gaya-hidup-sehat-yang-dianjurkan-untuk-pasien-kanker

https://www.sehatq.com/forum/stress-ditengah-wabah-corona-q12343

https://www.inews.id/lifestyle/health/kasus-virus-korona-di-indonesia-meningkat-siapa-yang-paling-rentan-kena

 

 

ICCC HELPLINE

Bersama kita berjuang melawan kanker. Hubungi kami di +6281 117 117 98 atau info@iccc.id

KIRIM EMAIL