Punya pertanyaan seputar kanker ?

Bergabung dengan forum kami

MENU

Home > Forum > Caregiver >

Pengalaman menjaga orang sekitar yang terkena kanker

Pengalaman menjaga orang sekitar yang terkena kanker

Dibuat pada 30 January 2018

  • Dotcom Solution

    Sangant menyenangkan

    Terakhir Dilihat : 30 January 2018

    #1

  • Erwin Suyanto

    11 June 2018

    Cukup berat, menjaga pasien kanker artinya menjaga diri sendiri juga, baik kesehatan, mental, keuangan dll. Yang pasti tiap waktu adalah berharga, jangan lupa ceritakan hal-hal baik dan indah, kenangan mungkin atau mimpi Anda yang belum tercapat, ingat jangan biarkan pasien larut dalam kepedihannya.

    #2

  • Erwin Suyanto

    12 June 2018

    Dan yang paling penting, selain dukungan tenaga dan keuangan, doa merupakan bagian utama dari perjuangan mulia ini. Beberapa pengalaman saya adalah tercipta pergumulan hebat diantara keluarga terkait pengobatan, apakah harus biopsi dan melanjutkan atau menyerah menunggu keajaiban. Tapi ingat, keajaiban tidak datang tanpa usaha, itu prinsip yang selalu kupegang, berharap dan berusaha. 

    Terasa berat bila pasien menolak, tapi yakinkan bahwa tidak ada jalan terbaik untuk melawan penyakit ini... Harapan, jangan sampai hilang, bagainmanapun kondisi pasien, taruh harapan yang cukup untuk si pasien, ketika saya menulis ini, mama saya sedang berjuang melawan kanker tiroid stadium akhir (metastesis ke 14 tempat), kondisi mama koma dan lemah, sebagai pendampin dan anak, doa doa doa dan doa...

    Bila, salah satu keluarga anda terkena kanker? percayalah itu bukan sebuah kutukan! Jalani dengan Iman!

    #3

  • Denny Willianto

    20 July 2018

    Tetap semangat dan berserah pada Tuhan dalam setiap ujian dan pergumulan yang diberikan. Dulu keluarga saya ada yang mengalami Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL), suatu jenis kanker darah yang awalnya tidak ganas, tetapi perlahan akan menjadi aktif dan ganas. Dokter tidak bisa memberikan tindakan awal untuk alasan keamanan pasien. Tindakan baru dapat diberikan hingga pada waktunya kanker tersebut aktif. Keluarga besar sangat khawatir akan apa yang terjadi ke depan, tetapi pada akhirnya beliau berpulang. Bukan karena kankernya, tetapi karena sepsis. Beliau sudah pulang ke rumah Bapa dan tidak merasakan penderitaan lagi di dunia. Tuhan selalu punya rencana yang terbaik, walaupun terkadang dalam kondisi susah yang harus kita alami. 

    #4

  • Jessica Haryanto

    29 October 2018

    Menjadi seorang caregiver untuk penderita kanker adalah sesuatu yang tidak mudah, banyak membutuhkan keberanian, kesabaran, dan ketegaran. Ayah saya didiagnosa kanker Multiple Myeloma di tahun 2017. Betapa terkejutnya saya dan ibu saya mendengar hal tersebut karena selama ini ayah selalu terlihat sehat. Stress, kecewa, dan down yang kami rasakan pada awalnya, tapi kami sadar berpikiran negatif seperti ini hanya akan membuang-buang energi dan waktu saja. Kebetulan saya juga mendapatkan dokter yang sangat supportive dalam penyembuhan ayah saya, dr. Made Putra Sedana banyak memberikan motivasi-motivasi kepada kami sekeluarga untuk tegar dalam melawan kanker ini. Dari semua ini saya sadar, sebagai caregiver saya harus selalu berpikiran positif sehingga dapat membawa energi positif juga untuk ayah saya.

    #5

  • Dotcom Solution

    14 November 2018

    Terima kasih Kak Erwin, Kak Denny, dan Kak Jessica atas sharing-nya. Menjadi seorang Caregiver mempunyai tantangan tersendiri, dikala kesedihan karena realita penyakit yang kita lihat, menjadi seorang Caregiver harus tetap positif untuk memberi semangat kepada Warrior! Tetap semangat dan jaga kesehatan ya. Tuhan memimpin setiap langkah kita.

    #6

  • Ridho Sitorus

    05 September 2020

    Salam kenal semua,

     

    Semoga semua dlm keadaan baik dan semangat terus.

    Saya berminat bergabung menjadi caregiver, bisa diinfokan bagaimana caranya karena saya tidak menemukan info tersebut di sini.

     

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam.

     

    #7

  • Ridho Sitorus

    05 September 2020

    Salam kenal semua,

     

    Semoga semua dlm keadaan baik dan semangat terus.

    Saya berminat bergabung menjadi caregiver, bisa diinfokan bagaimana caranya karena saya tidak menemukan info tersebut di sini.

     

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam.

     

    #8