Punya pertanyaan seputar kanker ?

Bergabung dengan forum kami

MENU

Home > I am a Warrior >

Bulan Peduli Kanker Payudara

Bulan Peduli Kanker Payudara

I AM A WARRIOR

(Image source : https://shopannies.blogspot.com)

Bulan Peduli Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Month)

Hi Sobat ICCC, setiap tahun pada bulan Oktober dunia memperingati bulan peduli kanker payudara (Breast Cancer Awareness Month). Berbagai gerakan dan kampanye yang identik dengan pita pink (merah muda) ini telah dimulai sejak tahun 1985 oleh Asosiasi Kanker Amerika (American Cancer Society) dan telah menginspirasi banyak orang untuk semakin peduli dan sadar akan isu kanker payudara yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun, tahukah Sobat bagaimana kondisi awareness masyarakat Indonesia mengenai kanker?

Menurut laporan terbaru dari The Global Cancer Observatory (GLOBOCAN) 2018, jumlah kasus baru kanker di Indonesia mencapai 348.809 kasus dan jumlah kasus kematian kematian akibat kanker mencapai 207.210 pada tahun 2018. Angka ini diprediksikan akan semakin meningkat pada tahun 2040, yaitu dengan kasus baru mencapai 580.000 kasus dan kematian akibat kanker mencapai 370.000 kasus. Dari total insiden kasus kanker yang ada di Indonesia, kanker payudara masih menempati urutan teratas, diikuti oleh kanker serviks dan kanker paru-paru.

 
Jumlah Kasus Baru Kanker Payudara di Indonesia (GLOBOCAN 2018)

Hal yang mengkhawatirkan adalah banyaknya kasus kanker, salah satunya kanker payudara, yang sudah memasuki stadium lanjut (III dan IV) ketika ditemukan. Hal ini dapat mengindikasikan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker payudara masih sangat rendah di Indonesia. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dicegah atau diminimalisasi keganasannya jika ditemukan pada stadium awal.

Dengan kondisi yang sudah ICCC sebutkan di atas, pada bulan Oktober ini ICCC akan membahas mengenai serba serbi kanker payudara, dari pengertian kanker payudara, mitos dan fakta, hingga tips proteksi diri terhadap kanker payudara. Yuk, terus ikuti topik bahasan yang akan disampaikan ICCC.

Referensi

http://breastcancerconsortium.net/brief-history-breast-cancer-awareness-month/

http://www.iarc.fr/en/media-centre/iarcnews/2018/gco_globocan2018.php

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4202896/kanker-payudara-tertinggi-di-indonesia-kini-menyerang-usia-produktif

https://kumparan.com/tugujogja/70-persen-pasien-kanker-di-indonesia-adalah-penderita-kanker-payudara-1536305542915602125

Cerita I Am A Warrior

ICCC HELPLINE

Bersama kita berjuang melawan kanker. Hubungi kami di +6281 117 117 98 atau info@iccc.id

KIRIM EMAIL