Punya pertanyaan seputar kanker ?

Bergabung dengan forum kami

MENU

Home > Panduan Nutrisi >

Pemeriksaan Genomik MammaPrint pada Kanker Payudara Stadium Dini: Profil Genomik Low Risk Tidak Perlu Kemoterapi!

Pemeriksaan Genomik MammaPrint pada Kanker Payudara Stadium Dini: Profil Genomik Low Risk Tidak Perlu Kemoterapi!

Tahukah Anda bahwa 46% pasien kanker payudara yang dinyatakan high risk secara klinis ternyata memiliki profil genomik yang low risk sehingga tidak mendapatkan manfaat yang signifikan dari pemberian kemoterapi?1

Profil genomik dari pasien kanker payudara dapat diketahui dengan melakukan tes genomik. Salah satu pemeriksaan yang dikembangkan untuk memprediksi tingkat kekambuhan pasien kanker payudara stadium dini dengan menggunakan gen-gen yang terlibat pada proses terjadinya kanker payudara adalah Mammaprint. Pemeriksaan genomik ini sudah diuji dan divalidasi pada ribuan pasien  dan sudah mendapat persetujuan pemasaran dari FDA ( lembaga yang berwenang memberikan ijin edar makanan dan obat di Amerika Serikat) pada tahun 2007.

Apakah MammaPrint itu?

MammaPrint merupakan tes genomik yang membantu lebih memahami tentang kanker payudara. Tes ini menganalisis aktivitas gen pada tumor untuk memprediksi perilaku tumor dan terapi apa yang mungkin paling efektif. Hasil MammaPrint yang digabungkan dengan tes lainnya dapat memandu keputusan pengobatan apa yang mungkin tepat.

MammaPrint menganalisis 70 gen pada tumor dan menentukan apakah kanker payudara mungkin kambuh. MammaPrint akan mengklasifi­kasikan tumor secara genomik sebagai risiko rendah atau risiko tinggi untuk kambuh.

Hasil MammaPrint yang dielaborasikan dengan faktor klinis dan patologis seperti usia, ukuran tumor, grade tumor, keterlibatan kelenjar getah bening, reseptor hormon, dan status HER2 dapat membantu pasien dan dokter untuk memutuskan apakah kemoterapi memang bermanfaat atau pasien akan tetap aman meskipun tanpa kemoterapi.

MammaPrint memberikan jawaban pasti dengan mengklasifi­kasikan kanker payudara sebagai "Risiko Rendah" atau "Risiko Tinggi" terhadap kekambuhan.

  • Hasil MammaPrint “Risiko Rendah” memiliki tingkat risiko kekambuhan rendah dan manfaat kemoterapi tidak signifi­kan.
  • Hasil "Risiko Tinggi" memiliki tingkat risiko kekambuhan tinggi dan manfaat kemoterapi sangat signifi­kan. 

Hasil studi MINDACT menyatakan bahwa MammaPrint memiliki level of evidence tertinggi sehingga digunakan sebagai pedoman terapi klinis kanker payudara stadium dini di seluruh dunia. 

Studi ini menunjukkan:

  • Hampir 50% pasien yang pada awalnya diklasifikasikan sebagai kanker payudara dengan risiko kekambuhan tinggi berdasarkan faktor klinis saja, ternyata memiliki risiko genomik yang rendah saat diuji dengan MammaPrint.
  • Kelompok pasien ini tidak mendapatkan manfaat yang signifikan dengan pemberian kemoterapi.
  • Pasien dengan jenis kanker payudara paling umum (ER/PR positif, HER2 negatif, kelenjar getah bening negatif) yang diklasifikasikan sebagai risiko rendah dengan tes MammaPrint hampir 98% memiliki kemungkinan bebas metastasis pada 5 tahun saat diobati dengan terapi hormon saja. 

Tes MammaPrint mungkin sesuai untuk Anda, jika:

  • Kanker berada pada stadium dini (I-II)
  • Ukuran tumor kurang dari 5 cm
  • Memiliki kelenjar getah bening (KGB) negatif atau positif 1-3

[Kriteria ini berdasarkan studi MINDACT]1 

MammaPrint telah masuk dalam pedoman dari American Society of Clinical Oncology (ASCO) dan National Comprehensive Cancer Network® (NCCN®)2 dalam membantu pengambilan keputusan perlu tidaknya pemberian kemoterapi pada kanker payudara stadium dini. Rekomendasi dari ASCO dan NCCN ini berdasarkan hasil Studi MINDACT3.

Pemeriksaan Mammaprint ini membutuhkan waktu 14 hari sejak sampel diterima oleh laboratorium di Indonesia hingga keluar hasil analisis sampel, karena sampel jaringan kanker payudara pasien masih harus dikirim ke Laboratorium yang terpusat di Laboratorium Agendia, Amsterdam. Biaya pemeriksaan Mammaprint ini yaitu sekitar empat puluh juta rupiah. 

Pada pemeriksaan genomik Mammaprint yang diperiksa adalah jaringan biopsi kanker payudara pasien. Pemeriksaan Mammaprint ini akan menghasilkan hasil Low Risk (untuk pasien yang resiko kekambuhannya rendah, sehingga terapi yang dianjurkan adalah terapi hormonal saja) dan High Risk (untuk pasien yang resiko kekambuhannya tinggi, sehingga terapi yang dianjurkan adalah terapi hormonal dan kemoterapi).

Video Mammaprint:
https://www.youtube.com/watch?v=FAV9-OA3r8s&t=3s

 

Referensi :

  1. Cardoso F, van’t Veer LJ, Bogaerts J et al. 70-Gene Signature as an Aid to Treatment Decisions in Early-Stage Breast Cancer. N Engl J Med 2016; 375: 717-29.
  2. Referenced with permission from the NCCN Clinical Practice Guidelines in Oncology (NCCN

Guidelines®) for Breast Cancer V.1.2019 © 2019 National Comprehensive Cancer Network, Inc. 2019.

All rights reserved. Accessed [April 29, 2019]. To view the most recent and complete version of the

guideline, go to NCCN.org. NCCN makes no warranties of any kind whatsoever regarding their content, use or application and disclaims any responsibility for their application or use in any way.

  1. Krop I, Ismaila N, Andre F et al. Use of Biomarkers to Guide Decisions on Adjuvant Syst

for Women With Early- Stage Invasive Breast Cancer: American Society of Clinical Oncology Clinical

Practice Guideline Focused Update. DOI: 10.1200/ JCO.2017.74.0472 Journal of Clinical Oncology.

ICCC HELPLINE

Bersama kita berjuang melawan kanker. Hubungi kami di +6281 117 117 98 atau info@iccc.id

KIRIM EMAIL